Jumat, 19 Oktober 2012

Manajemen Keuangan

Dan materi selanjutnya ialah tentang
“ Manajemen Keuangan”
Apa sih manajemen keuangan itu?
Manajemen keuangan adalah pekerjaan mengelola sumber daya perusahaan agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya. Tanpa adanya perhitungan mendalam tentang rencana keuangan, suatu perusahaan tidak akan bertahan lama walaupun seberapa efektif pemasaran produknya. Berarti kalau manajemen keuangan begitu penting dalam suatu perusahaan maka harus ada manajer keuangan yang akan mengendalikannya. Siapa manajer keuangan itu?
Manajer keuangan adalah seseorang yang bertugas menilai data keuangan yang disiapkan akuntan dan membuat rekomendasi bagi manajemen tingkat atas mengenai strategi-strategi untuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan.
Disamping itu, manajer keuangan memiliki tanggung jawab utama yaitu melakukan perencanaan keuangan. Adapun langkah-langkah dalam perencanaan keuangan meliput :
  • Memproyeksikan kebutuhan keuangan (jangka pendek atau jangka panjang)
  • Menyusun anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan
  • Mengembagkan kendali keuangan untuk melihat seberapa baik perusahaan dalam menjalankan hal-hal yang telah ditetapkan.
Rencana keuangan yang menjelaskan harapan-harapan manajemen atas pendapatan dan, dengan dasar harapan-harapan tersebut, mengalokasikan penggunaan sumber daya tertentu di seluruh perusahaan disebut dengan anggaran.

Manajemen Sumber Daya Manusia : Menemukan dan Mempertahankan Karyawan Terbaik

Kali ini saya akan membahas tentang
“Manajemen Sumber Daya Manusia : Menemukan dan Mempertahankan Karyawan Terbaik”
Seperti topik diatas saya akan membahas Manajemen sumber daya manusia dalam menemukan dan mempertahankan karyawan. Apa sih Manajemen sumber daya manusia itu?. Manajemen sumber daya manusia adalah proses penentuan kebutuhan sumber daya manusia dan kemudian perekrutan, penyeleksian, pengembangan, pemotivasian, pengevaluasian, pemberian kompensasi, dan penjadwalan karyawan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional.
Terdapat banyak tantangan dalam sumber daya manusia, diantaranya :
·         Kekurangan orang terlatih
·         Pekerja tidak terampil
·         Pekerja berpendidikan
·         Peralihan dalam komposisi usia angkatan kerja
·         Hukum dan peraturan
·         Meningkatnya jumlah keluarga orang tua tunggal dan keluarga dua pemasukan
·         Peralihan sikap karyawan terhadap pekerjaan
·         Pengecilan berkelanjutan
·         Tantangan dari kelompok tenaga kerja luar negeri
·         Permintaan tunjangan yang meningkat
·         Kekhawatiran dengan karyawan baru
·         Penurunan loyalitas

Rabu, 10 Oktober 2012

Memproduksi Barang dan Jasa Kelas Dunia

Dan yang selanjutnya saya akan mengulas materi dengan topik

Memproduksi Barang dan Jasa Kelas Dunia

Dari topik tersebut tentu kita dapat mengetahui bahwa barang dan jasa yang di produksi adalah barang dan jasa yang mempunyai kualitas tinggi sehingga bisa bersaing di pasar dunia.
Bebagai upayapun dilakukan untuk menghasilkan produk unggul. Upaya yang dilakukan oleh para pemanufaktur Amerika untuk mendapatkan kembali daya kompetitifnya diantaranya dengan:
Berfokus pada pelanggan
Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
Mempraktikkan pengembangan yang kontinu
Berfokus pada kualitas
Menghemat biaya melalui seleksi tempat
Mengandalkan Internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan
Menggunakan teknik produksi yang baru

Untuk memperkuat dasar manufaktur yang harus dilakukan

Pemasaran Membangun Hubungan Pelanggan

Dari pertemuan ke 3 yang dibahas mengenai “pemasaran: membangun hubungan pelanggan” dan “memproduksi barang dan jasa kelas dunia”. Saya akan mengulas kembali isi dari kedua materi tersebut.
Pemasaran Membangun Hubungan Pelanggan
Dimulai dari memahami apa yang dimaksud dengan pemasaran(marketing), yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional. Hal yang dilakukan oleh pemasar pada waktu tertentu tergantung pada kebutuhan konsumen agar dapat memenuhinya.
Evolusi di bidang pemasaran melibatkan 4 era, yaitu
(a) produksi, pada era ini tujuan bisnis berpusat pada produksi karena saat itu sebagian besar barang dibeli segera setelah tersedia
 (b) penjualan,pada era ini sebagian besar perusahaan menekankan penjualan dan periklanan dalam upaya membujuk konsumen untuk membeli produk yang sudah ada dan sangat sedikit perusahaan yang memberikan pelayanan setelah penjualan
 (c) konsep pemasaran,dalam kosep pemasaran ini terdapat filosofi bisnis yang terdiri atas tiga bagian, yaitu orientasi pelanggan, orientasi jasa, dan orientasi laba

Memilih untuk Kepemimpinan Bisnis

Dan pada materi kedua yang dibahas berjudul “Memilih untuk Kepemimpinan Bisnis”. Saya akan mengulas kembali dari apa yang saya dapat. Bentuk dasar kepemilikan suatu binis ada tiga, yaitu perusahaan kepemilikan tunggal, perusahaan rekanan, dan korporasi.
Perusahaan kepemilikan tunggal adalah sebuah bisnis yang dimiliki, dan biasanya dikelola oleh satu orang.
Keuntungan yang diperoleh dari perusahaan kepemilikan tunggal ini diantaranya adalah :
Kemudahan untuk memulai dan mengakhri bisnis tersebut, menjadi atasan anda sendiri, kebanggaan atas kepemilikan, meninggalkan warisan, kepemilikan atas laba perusahaan, tidak ada pajak khusus.
Namun meskipun memiliki banyak keuntungan, perusahaan ini juga memiliki  beberapa kekurangan. Adapun kekurangan tersebut yaitu, kewajiban yang dimiliki pemilik perusahaan yang tidak terbatas, sumber daya finansial yang terbatas, kesulitan manajemen, komitmen

Mengelola dalam Lingkungan Bisnis Dinamis: Mengambil Risiko dan Menghasilkan Laba


Dari pertemuan kedua kemarin saya mendapat pelajaran tentang 2 materi yang berbeda. Materi pertama berjudul “Mengelola dalam Lingkungan Bisnis Dinamis: Mengambil Risiko dan Menghasilkan Laba” sedangkan materi kedua yang disampaikan berjudul “ Memilih untuk Kepemimpinan Bisnis”.

Saya akan mengulas kembali apa yang saya dapat dari pertemuan kedua ini. Dimulai dari materi pertama yaitu “Mengelola dalam Lingkungan Bisnis Dinamis: Mengambil Rsiko dan Menghasilkan Laba”.
Untuk mencapai kesuksesan atau keberhasilan hampir seluruh orang di dunia memulai sebuah usaha atau bisnis. Bisnis adalah segala kegiatan yang bertujan untuk mendapatkan laba dengan menyediakan barang dan jasa kepada pihak-pihak lain saat mengoperasikannya. Jumlah uang yang didapat suatu perusahaan selain jumlah yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya-biaya lain disebut keuntungan atau laba. Tentunya dalam bisnis kita mengenal pengusaha, yaitu seseorang yang mengorbankan harta dan waktu yang dimiliki untuk mengelola sebuah bisnis. Pendapatan adalah jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam satu periodetertentu dengan menjual barang dan jasa. Kerugian dapat terjadi jika pengeluaran suatu bisnis lebih besar dari pendapatannya. Memulai sebuah bisnis pastinya melibatkan risiko, yaitu peluang seorang pengusaha untuk kehilangan harta dan waktu dalam bisnisnya jika nantinya terbukti tidak menguntungkan. Di dalam bisnis kita mengenal istilah stakeholders, yaitu semua orang yang mungkin memperoleh keuntungan atau kerugian dari kebijakan-kebijakan dan aktivitas-aktivitas suatu perusahaan.