Minggu, 16 Desember 2012

Manajemen Inovatif di Masa Sulit


Manajer harus fokus pada inovasi untuk tetap berkompetitif. Inovasi bisa termasuk produk baru,teknologi, dan mengontrol biaya investasi di masa depan perusahaan.
Defini Manajer
Manajer adalah fungsi eksekutif dari organisasi membangun dan mengkoordinasikan dan seluruh sistem, menciptakan sistem dan kondisi yang memungkinkan orang lain untuk melakukan tugas-tugas.
Definisi Manajemen
Manajemen adalah pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan sumber daya organisasi.
Ada empat fungsi manajemen, yaitu :
·         Perencanaan, adalah mengidentifikasi tujuan dan sumber daya atau kinerja organisasi di masa depan.
·         Pengorganisasian, adalah menetapkan tugas, pendelegasikan wewenang dan mengalokasikan sumber daya
·         Memimpin, adalah penggunaan pengaruh untuk memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan
·         Mengontrol, adalah memantau kegiatan dan mengambil tindakan korektif bila diperlukan
Kinerja Organisasi
Organisasi mempertemukan pengetahuan, orang, dan bahan baku untuk melakukan tugas.
Efektivitas adalah sejauh mana organisasi mencapai tujuan
Efisiensi adalah penggunaan sumber daya minimal untuk menghasilkan output yang diinginkan
Organisasi adalah entitas sosial yang tujuannya diarahkan dan terstruktur
Keterampilan manajemen ada tiga, yaitu:
·         Konseptual keterampilan – kemampuan kognitif untuk melihat organisasi sebagai sistem secara keseluruhan
·         Manusia keterampilan – kemampuan untuk bekerja dengan dan melalui orang lain
·         Teknis keterampilan – pemahaman dan kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu
Tidak selamanya manajer selalu berhasil, tapi terkadang juga akan mengalami kegagalan.

Beberapa faktor umum yang mengakibatkan kegagalan terjadi ialah :
1.      Komunikasi yang buruk
2.      Kegagalan untuk mendengarkan
3.      Buruknya interpersonal keterampilan
4.      Memperlakukan karyawan sebagai instrumen
5.      Kegagalan untuk memperjelas ekspektasi arah dan kinerja

Ada dua jenis manajemen yaitu, perbedaan vertikal dan perbedaan horizontal.

Perbedaan vertikal terdiri atas tiga hierarki atau tingkatan, yaitu :
·         Manajer puncak : manajer yang berada di tingkat teratas hierarki organisasi dan bertanggung jawab terhadap seluruh organisasi
·         Manajer tengah : manajer yang bertanggung jawab untuk unit-unit bisnis dan departemen-departemen utama
·         Manajer lini pertama : manajer yang bertanggung jawab langsung terhadap produksi barang dan jasa

Perbedaan horizontal, terbagi atas dua bagian yaitu,
·         Manajer fungsional : bertanggung jawab bagi departemen-departemen yang mengerjakan tugas fungsional tunggal dan memiliki karyawan dengan pelatihan dan keterampilan yang serupa
·         Manajer umum : bertanggung jawab bagi sejumlah departemen yang mengerjakan beragam fungsi.
Tentu kita kadang bertanya-tanya, seperti apa menjadi seorang manajer itu?
Manajer mempunyai pekerjaan yang beragam. Tugas manajerial yang dapat dicirikan ke dalam karakteristik dan peran. Kebanyakan manajer menikmati kegiatan seperti memimpin orang lain, jaringan dan inovasi terkemuka. Manajer tidak suka mengendalikan bawahan, penanganan dokumen, dan mengelola tekanan waktu.
Tidaklah mudah memulai langkah menjadi manajer baru. Supervisor lini pertama adalah yang paling banyak mengalami burnout dan attrition. Pergeseran dari kontributor manajer seringkali sulit. Manajer harus menentukan identitas pribadi yang kuat. Sebagian manajer baru belum siap untuk melakukan beragam aktivitas yang dilakukan secara rutin oleh manajer.

Mengelola Usaha Kecil dan Organisasi Nirlaba
Usaha kecil yang semakin penting. Banyak usaha kecil yang terancam oleh keterampilan manajemen yang tidak memadai. Manajer usaha kecil memakai berbagai topik. Fungsi manajemen berlaku untuk organisasi nirlaba. Organisasi nirlaba fokus pada dampak sosial, tetapi mereka berjuang dengan efektivitas
Manajer terbaik saat ini mengubah dan mengontrol mind-set mereka untuk fokus pada pembinaan dan memberikan bimbingan, menciptakan organisasi yang cepat, fleksibel, inovatif, dan berorientasi pada hubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar