Jumat, 19 Oktober 2012

Manajemen Keuangan

Dan materi selanjutnya ialah tentang
“ Manajemen Keuangan”
Apa sih manajemen keuangan itu?
Manajemen keuangan adalah pekerjaan mengelola sumber daya perusahaan agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya. Tanpa adanya perhitungan mendalam tentang rencana keuangan, suatu perusahaan tidak akan bertahan lama walaupun seberapa efektif pemasaran produknya. Berarti kalau manajemen keuangan begitu penting dalam suatu perusahaan maka harus ada manajer keuangan yang akan mengendalikannya. Siapa manajer keuangan itu?
Manajer keuangan adalah seseorang yang bertugas menilai data keuangan yang disiapkan akuntan dan membuat rekomendasi bagi manajemen tingkat atas mengenai strategi-strategi untuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan.
Disamping itu, manajer keuangan memiliki tanggung jawab utama yaitu melakukan perencanaan keuangan. Adapun langkah-langkah dalam perencanaan keuangan meliput :
  • Memproyeksikan kebutuhan keuangan (jangka pendek atau jangka panjang)
  • Menyusun anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan
  • Mengembagkan kendali keuangan untuk melihat seberapa baik perusahaan dalam menjalankan hal-hal yang telah ditetapkan.
Rencana keuangan yang menjelaskan harapan-harapan manajemen atas pendapatan dan, dengan dasar harapan-harapan tersebut, mengalokasikan penggunaan sumber daya tertentu di seluruh perusahaan disebut dengan anggaran.

Ada beberapa tipe anggaran yang dikembangkan di dalam rencana keuangan perusahaan, yaitu :
1)      Anggaran modal
Anggaran yang menyoroti rencana pengeluaran perusahaan untuk pembelian aset-aset utama yang sering kali memerlukan jumlah uang yang sangat besar
2)      Anggaran kas
Suatu anggaran yang memperkirakan preoyeksi arus kas masuk dan keluar yang dapat digunakan perusahaan untuk mengetahui kekurangan atau kelebihan kas selama periode tertentu
3)      Anggaran operasional (master)
Anggaran yang mengikat erat semua anggaran perusahaan lainnya dan meringkas aktivitas keuangan bisnis yang direncanakan
Dalam bisnis, kebutuhan akan dana operasional tidak akan pernah berakhir. Karena pada dasarnya, semua organisasi ataupun perusahaan memiliki kebutuhan operasional tertentu yang mana dana harus tersedia. Area-area ini mencakup :
  • Mengelola kebutuhan bisnis sehari-hari
  • Mengendalikan operasional kredit
  • Memperoleh persediaan yang dibutuhkan
  • Melakukan pengeluaran modal
Sekian sedikit ulasan tentang materi kali ini semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar