Dari pertemuan ke 3 yang dibahas
mengenai “pemasaran: membangun hubungan
pelanggan” dan “memproduksi barang
dan jasa kelas dunia”. Saya akan mengulas kembali isi dari kedua materi
tersebut.
Pemasaran Membangun
Hubungan Pelanggan
Dimulai dari memahami apa yang dimaksud
dengan pemasaran(marketing), yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan
konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi
pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional. Hal yang dilakukan
oleh pemasar pada waktu tertentu tergantung pada kebutuhan konsumen agar dapat
memenuhinya.
Evolusi di bidang pemasaran melibatkan 4
era, yaitu
(a) produksi, pada era ini tujuan bisnis
berpusat pada produksi karena saat itu sebagian besar barang dibeli segera
setelah tersedia
(b) penjualan,pada era ini sebagian besar
perusahaan menekankan penjualan dan periklanan dalam upaya membujuk konsumen
untuk membeli produk yang sudah ada dan sangat sedikit perusahaan yang memberikan
pelayanan setelah penjualan
(c) konsep pemasaran,dalam kosep pemasaran ini
terdapat filosofi bisnis yang terdiri atas tiga bagian, yaitu orientasi
pelanggan, orientasi jasa, dan orientasi laba
(d) hubungan pelanggan, para manajer
mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang
dapat memuaskan pelanggan melalui barang dan jasa yang mereka tawarkan.
Bauran Pemasaran
Faktor-faktor bauran pemasaran :
1.
Produk
(product)
2.
Harga
(price)
3.
Tempat
(place)
4.
Promosi
(promition)
Keempat faktor tersebut biasa disebut 4P
untuk mudah mengingatnya sebagai dasar pemasaran.
Dalam menghasilkan produk tentu produk
tersebut tidak asing dengan merek. Nama merek adalah kata, huruf, atau kelompok
kata atau huruf yang membedakan barang dan jasa satu penjual dengan penjual yang
lain.
Setelah ada keputusan apa yang akan
produsen produksi maka produsen akan menentukan harga jual yang sesuai dengan biaya
produksi yang telah mereka keluarkan dengan tetap memperhatikan kualtas dari
barang ataupun jasa itu sendiri.
Promosi merupakan hal yang tidak kalah
penting dalam pemasaran. Sesuai dengan pengertiannya itu sendiri yang
menyatakan bahwa promosi adalah teknik yang dilakukan penjual untuk memberi tahu
orang-orang tentang produk mereka dan memotivasi mereka untuk membeli barang
atau jasa mereka.
Setiap langkah dalam proses pemasaran
bergantung pada informasi yang digunakan untuk membuat keputusan yang tepat.
Salah satu caranya yaitu melalui penelitian pasar, yaitu menganalisis pasar
untuk menentukan tantangan dan peluang yang ada serta untuk mencari informasi
yang dibutuhkan untuk menentukan keputusan yang baik. Dalam proses penelitian
pasar setidaknya ada 4 langkah yaitu:
1.
Mendefinisikan
pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini
2.
Mengumpulkan
data
3.
Menganalisis
data penelitian
4.
Memilih
solusi terbaik dan mengimplementasikannya.
Dalam lingkungan pemasaran terdapat
beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pasar, yaitu:
Faktor global, faktor teknologi, faktor
sosiokultural, faktor kompetitif, dan faktor ekonomi.
Terdapat dua pasar utama dalam bisnis,
yaitu:
1.
Pasar
Konsumen
Semua individu
atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau
penggunaan pribadi.
2.
Pasar
Bisnis ke Bisnis
Semua individu
dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam
memproduksi barang dan jasa lain atau umtuk penjualan, penyewaan, atau
pemasokan barang kepada orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar