Rabu, 10 Oktober 2012

Pemasaran Membangun Hubungan Pelanggan

Dari pertemuan ke 3 yang dibahas mengenai “pemasaran: membangun hubungan pelanggan” dan “memproduksi barang dan jasa kelas dunia”. Saya akan mengulas kembali isi dari kedua materi tersebut.
Pemasaran Membangun Hubungan Pelanggan
Dimulai dari memahami apa yang dimaksud dengan pemasaran(marketing), yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional. Hal yang dilakukan oleh pemasar pada waktu tertentu tergantung pada kebutuhan konsumen agar dapat memenuhinya.
Evolusi di bidang pemasaran melibatkan 4 era, yaitu
(a) produksi, pada era ini tujuan bisnis berpusat pada produksi karena saat itu sebagian besar barang dibeli segera setelah tersedia
 (b) penjualan,pada era ini sebagian besar perusahaan menekankan penjualan dan periklanan dalam upaya membujuk konsumen untuk membeli produk yang sudah ada dan sangat sedikit perusahaan yang memberikan pelayanan setelah penjualan
 (c) konsep pemasaran,dalam kosep pemasaran ini terdapat filosofi bisnis yang terdiri atas tiga bagian, yaitu orientasi pelanggan, orientasi jasa, dan orientasi laba
(d) hubungan pelanggan, para manajer mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang dapat memuaskan pelanggan melalui barang dan jasa yang mereka tawarkan.
Bauran Pemasaran
Faktor-faktor bauran pemasaran :
1.      Produk (product)
2.      Harga (price)
3.      Tempat (place)
4.      Promosi (promition)
Keempat faktor tersebut biasa disebut 4P untuk mudah mengingatnya sebagai dasar pemasaran.
Dalam menghasilkan produk tentu produk tersebut tidak asing dengan merek. Nama merek adalah kata, huruf, atau kelompok kata atau huruf yang membedakan barang dan jasa satu penjual dengan penjual yang lain.
Setelah ada keputusan apa yang akan produsen produksi maka produsen akan menentukan harga jual yang sesuai dengan biaya produksi yang telah mereka keluarkan dengan tetap memperhatikan kualtas dari barang ataupun jasa itu sendiri.
Promosi merupakan hal yang tidak kalah penting dalam pemasaran. Sesuai dengan pengertiannya itu sendiri yang menyatakan bahwa promosi adalah teknik yang dilakukan penjual untuk memberi tahu orang-orang tentang produk mereka dan memotivasi mereka untuk membeli barang atau jasa mereka.
Setiap langkah dalam proses pemasaran bergantung pada informasi yang digunakan untuk membuat keputusan yang tepat. Salah satu caranya yaitu melalui penelitian pasar, yaitu menganalisis pasar untuk menentukan tantangan dan peluang yang ada serta untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk menentukan keputusan yang baik. Dalam proses penelitian pasar setidaknya ada 4 langkah yaitu:
1.      Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini
2.      Mengumpulkan data
3.      Menganalisis data penelitian
4.      Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya.
Dalam lingkungan pemasaran terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pasar, yaitu:
Faktor global, faktor teknologi, faktor sosiokultural, faktor kompetitif, dan faktor ekonomi.
Terdapat dua pasar utama dalam bisnis, yaitu:
1.      Pasar Konsumen
Semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi.
2.      Pasar Bisnis ke Bisnis
Semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau umtuk penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar